Cara Akreditasi Sekolah Online

Bagi sekolah yang ingin melakukan akreditasi secara online. Seperti yang saya kutip dari website resmi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah (BAN-S/M) bahwa pelaksanaan akreditasi online jenjang SMA/MA dan SMK pada 15 Provinsi (DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Bali) dibuka pada tanggal 16 April - 31 Juli 2012.
Cara melakukan Akreditasi Sekolah Online
Silahkan buka website badan akreditasi nasional di http://www.ban-sm.or.id, kemudian di menu atas terdapat menu perangkat akreditasi. Disitu terdapat File-file Perangkat Akreditasi Sekolah/Madrasah per jenjang yang dapat diunduh. Download sesuai dengan kategori sekolahnya. Kemudian untuk langkah-langkah penggunaan aplikasi rintisan pelaksanaan akreditasi online bisa dibuka di bagian panduan, yang ada di sebelah kiri halaman website.

Berikut langkah-langkahnya :
Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh sekolah/madrasah dalam melakukan Rintisan Pendaftaran Akreditasi On-line adalah sebagai berikut :
1. Sekolah/Madrasah membuka website BAN-S/M dengan alamat : http://www.ban-sm.or.id;
2. Mengunduh Perangkat Akreditasi (Dapat diunduh melalui menu di atas atau mengklik tulisan Perangkat Akreditasi);
3. Sekolah/Madrasah mencetak hasil unduh perangkat akreditasi;
4. Sekolah Madrasah mengisi Instrumen Akreditasi dan Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi;
5. Mengunduh Aplikasi Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi
6. Mengisi aplikasi pada butir 5 sesuai dengan isian instrumen akreditasi pada butir 4;
7. Mengirim isian melalui website BAN-S/M, sekaligus mendaftar;
8. Bukti pengisian pada butir 4 harap disimpan untuk bukti fisik dan ditunjukan pada saat asesor melakukan visitasi ke sekolah/madrasah.
9. Untuk Sekolah Internasional Luar Negeri (SILN) pada pengisian pilihan provinsi pilih [ SILN ], kemudian tuliskan negara pada field negara yang telah tersedia di bawah pilihan provinsi

1 Response to "Cara Akreditasi Sekolah Online"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel