Menjaga Budaya Kerja Bakti Tetap Ada

Blog BianBiun - Kerja Bakti bisa diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama oleh kelompok atau grup dengan tujuan tertentu dan dilakukan dengan iklas tanpa mengharap apa-apa atau sebagai bentuk toleransi antar sesama manusia. Dahulu kerja bakti atau juga disebut dengan gotong royong ini masih sangat dijaga atau di lakukan oleh masyarakat kita, khususnya masyarakat pedesaan yang mana tingkat toleransi antar tetangga sangat tinggi sekali. Kerja bakti sudah menjadi budaya di kehidupan masyarakat kita dahulu. Namun sekarang, budaya semacam ini berangsur-angsur mulai terkikis, mulai jarang ada di lingkungan kita. Tentunya banyak sekali faktor yang menyebabkan budaya kerja bakti ini mulai jarang dilakukan.
Dulu pada saat saya masih kecil (masih SD), saya juga menyaksikan sendiri budaya kerja bakti atau gotong royong di kampung saya sangat terjaga sekali. Setiap minggu ada kerja bakti bersih jalan-jalan kampung atau secara bersama-sama membantu membangun rumah tetangga dll. Namun sekarang hal semacam ini mulai jarang saya lihat. Sekarang tidak ada lagi yang gratis kayaknya hehehe..kerja bakti juga jarang. Paling mereka membersihkan di lingkungan rumah mereka sendiri-sendiri. Pihak kelurahan, RT atau RW juga jarang ngadain kerja bakti. Hmm apa ini efek dari modernisasi ? Di kampung saja begini apalagi di kota besar ya ?


Namun juga masih ada daerah yang masih tetap menjaga budaya kerja bakti ini. Didaerah pelosok mungkin budaya semacam ini masih tetap terjaga. Seharusnya kita mencontoh mereka-mereka ini? yang tetap menjaga budaya seperti ini. 
Kerja Bakti RT 01 Kepolorejo Magetan

Kerja Bakti RT 01 Kepolorejo Magetan

Kerja Bakti RT 01 Kepolorejo Magetan

Kerja Bakti RT 01 Kepolorejo Magetan
Dan ngomong-ngomong masalah kerja bakti ini, di lingkungan saya yang sekarang (RT 1 Kelurahan Kepolorejo), budaya kerja bakti ini masih tetap terjaga meskipun tidak setiap minggu namun masih ada kegiatan kerja bakti yang dilakukan bersama. Seperti minggu kemarin, RT saya mengadakan kerja bakti membersihkan rumput di jalan dan kotoran di sungai.Semoga budaya gotong royong atau kerja bakti akan tetap terjaga di Indonesia.

3 Responses to "Menjaga Budaya Kerja Bakti Tetap Ada"

  1. nicepost sob..kerja bakti memang harus dilestarikan namun butuh kerja sama yang baik agar bisa selalu kompak..

    ReplyDelete
  2. Nek Ditempatku namane Ro'an

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel