Cara Memanfaatkan NetSupport School untuk Ujian Praktek Sekolah

Blog BianBiun - Disini saya ingin sharing cara menggunakan NetSupport School yang saya gunakan untuk ujian praktek sekolah. Kebetulan SMA saya minggu-minggu ini melaksanakan ujian praktek sekolah. Untuk ujian praktek TIK ini materinya adalah mulai dari kelas X, XI dan XII. Jadi ujian praktek ini terdiri dari beberapa kompetensi. Mungkin dalam pemikiran kita bagaimana nanti kita menilai siswa tersebut, apakah harus keliling satu per satu melihat pekerjaan siswa kita. Tentunya cara ini akan memakan waktu dan juga tenaga tentunya. Nah cara berikut ini mungkin bisa anda jadikan alternatif pilihan ketika anda sedang menguji siswa anda. Berikut langkahnya :

Ilustrasi : 
  • Ujian dilaksanakan di dalam Laboratorium Komputer
  • Perkelas dipecah menjadi 2 gelombang
  • Tempat duduk siswa ada jarak 1 komputer dengan siswa yang lain
  • Komputer siswa Drive C dalam kondisi di Deep Freeze
  • Di komputer pengajar sudah terpasang NetSupport School
Oke kita mulai, setelah siswa menempati tempat duduknya sesuai dengan nomor absennya persilahkan mereka untuk berdoa dulu biar ujian berjalan dengan lancar hehehehe.. Setelah semua komputer siswa dalam keadaan hidup anda buka NetSupport School. Kemudian kita kirimkan soal dan file-file pendukung untuk keperluan ujian praktek ke siswa (disini saya simpan didalam satu folder dengan nama UP 2013) . Berikut langkahnya :

  •  Pilih menu File Transfer.
memanfaatkan NetSupport School untuk ujian praktek sekolah
  • Maka akan muncul jendela File Distribution seperti diatas ini. Cari folder yang ingin anda kirimkan ke semua peserta ujian (misal folder UP 2013). Klik dan drag folder tersebut ke bawah (lihat gambar panah diatas tersebut). Disitu terdapat komputer siswa yang mengikuti ujian praktek. Folder tadi dikirim di drive C pada komputer siswa. Drive C di komputer siswa sudah dalam keadaan di Deep Freeze, tujuannya adalah ketika nanti siswa gelombang pertama selesai mengerjakan dan komputer di matikan kemudian dihidupkan lagi folder tadi hilang (untuk antisipasi siswa berikutnya tidak menyalahgunakan pekerjaan siswa yang sebelumnya).
  • Ok setelah file untuk ujian praktek sudah dikirim ke semua komputer siswa sekarang untuk memudahkan kita dalam proses penilaian nanti, maka siswa kita haruskan untuk melakukan registrasi dahulu. Lihat gambar di bawah ini :
  •  Pilih menu "Student Register" dan pilih Sign In. Kemudian akan tampil jendela dibawah ini :
memanfaatkan NetSupport School untuk ujian praktek sekolah
  • Disini saya hanya ingin para peserta ujian untuk mengisikan nama mereka saja, maka di option Requiered Student Details saya hanya memilih First Name saja. Jika ingin menambah atau membuat sendiri bisa menggunakan Custom Fields. Kalau sudah pilih register, maka di layar siswa akan muncul jendela yang untuk memasukkan nama mereka.
  • Ok proses registrasi selesai, soal dan file untuk ujian praktek sudah dikirimkan. Sekarang waktunya para peserta ujian untuk mengerjakannya.
  • Ujian praktek ini diberi waktu kurang lebih 30 menit.
  • Sekarang tugas pengajar adalah memantau para peserta, apa yang sudah dikerjakan oleh siswa langsung kita nilai. Lihat gambar di bawah ini :
 memanfaatkan NetSupport School untuk ujian praktek sekolah
  • Diatas terlihat monitor para peserta ujian praktek. Dimana dibawah monitor itu terdapat nama peserta. Pengajar hanya perlu mengarahkan kursor ke arah monitor untuk melihat pekerjaan siswa, atau double klik untuk melihat lebih jelas lagi. Kemudian memberikan penilaian dari setiap apa yang sudah dikerjakan para peserta.
  • Misal waktu sudah habis, namun rasanya juga sia-sia kalau kita hanya ngomong "waktu sudah selesai silahkan meninggalkan tempat duduk". Pasti masih ada yang mengerjakan, masih ada yang tanya teman disampingnya dll. Nah untuk mengatasi semua itu bisa kita atasi dengan menekan tombol "Lock". Maka semua monitor peserta akan di kunci (muncul gambar kunci di semua monitor siswa dan siswa sudah tidak bisa mengerjakan lagi). Lihat gambar dibawah ini :
tutorial NetSupport School
  • Peserta gelombang pertama sudah selesai. Kemudian akan dilanjut peserta gelombang kedua. Nah kita harus mematikan semua komputer tadi agar pekerjaan siswa sebelumnya nanti tidak digunakan peserta yang baru. 
  • Sebenarnya di NetSupport School juga ada fasilitas untuk mematikan semua komputer siswa namun ketika saya coba ternyata lama sekali prosesnya, karena masih harus menutup program-program yang dibuka untuk mengerjakan ujian praktek tagi, sementara peserta berikutnya akan segera masuk. 
  • Hmm..akhirnya menggunakan cara ampuh untuk mematikan semua komputer peserta dengan cepat. Ya... dengan mematikan listrik wkwkwkw...eh salah, jangan menggunakan cara itu loh ya. Kita gunakan senjata pamungkas yaitu Deep Freeze Console. Select All, kemudian pilih tombol merah itu. Maka dalam sekejap komputer coid semua (sadis ya..pembunuh berdarah dingin ne hehehe)
tutorial NetSupport School
Ok sekian postingan saya tentang Cara Memanfaatkan NetSupport School untuk Ujian Praktek Sekolah. Semoga bermanfaat bagi anda :-).

6 Responses to "Cara Memanfaatkan NetSupport School untuk Ujian Praktek Sekolah"

  1. Terima kasih bang infonya,,cita-cita saya sebenrnya guru,,mungkin kalo nanti saya jdi guru,,trik ini saya pakek bang,,hehe

    ReplyDelete
  2. sangat membantu sekali...trim's...

    ReplyDelete
  3. Terima kasih infonya, akan kami coba

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel