Sosialisasi desa.id di Magetan

Blog Bianbiun - Domain desa.id resmi di luncurkan oleh Pandi pada 1 Mei 2013 atas usulan Gerakan Desa Membangun dan juga Relawan Pemberdayaan Desa Nusantara. Ini bisa menjadi awal dari kemajuan desa-desa di bidang teknologi khususnya teknologi internet. Kesan bahwa internet hanya untuk orang kota saja sekarang sudah mulai pudar setelah desa melung menjadi desa internet pertama. Desa kini tak harus menunggu wartawan datang untuk menuliskan berita tentang desa mereka, desa tak harus menunggu sorot kamera dari jakarta untuk mengenalkan segala potensi yang ada di desanya baik itu sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

Di propinsi Jawa Timur sendiri baru beberapa kabupaten saja yang sudah mencoba mensosialisasikan tentang domain desa.id ini. Desa.id inipun akhirnya juga tercium sampai di kabupaten magetan, sebuah kabupaten yang terletak di lereng gunung lawu. Komunitas Blogger Magetan merasa bahwa desa.id merupakan langkah yang sangat tepat bagi desa untuk mengenalkan segala potensi yang ada di desa, akhirnya mereka sepakat untuk membuat website desa.id yang rencananya sebagai percontohan dahulu maka dibuatlah www.sundul.desa.id. Desa sundul di kecamatan parang ini menjadi desa yang pertama kali terdaftar dengan domain desa.id. Di Kabupaten Magetan banyak sekali desa yang memiliki potensi baik SDM maupun sumber daya alamnya mengingat letak geografisnya yang ada di lereng gunung lawu. Namun selama ini masih terpendam dan banyak yang belum tahu. 


Dan akhirnya kesempatan untuk melakukan sosialisasi desa.id ini datang juga, setelah dishubkominfo magetan mengajak kerjasama dengan komunitas blogger magetan untuk mengadakan lomba dan seminar. Akhirnya komunitas blogger magetan mengusulkan seminar tentang internet sehat dan juga sosialisasi desa.id. Dua tema ini sangat penting dan bermanfaat untuk di sampaikan kepada masyarakat di magetan. Selain mengundang pelajar, mahasiswa dan umum juga di undang perwakilan dari beberapa desa yang ada di magetan. Dan kemarin pada hari minggu 15 September 2013 seminar tersebut dilaksanakan dengan dihadiri oleh sekitar 100 peserta. 

sosialisasi desa.id di magetan
Sosialisasi desa.id oleh komunitas blogger magetan
Semoga dengan sosialisasi desa.id, meskipun baru 10 desa yang ikut bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi para pemuda desa untuk mengenalkan desanya melalui pemanfaatan teknologi internet.
Minister Ndru Blogger, Young Teacher, Volunteer, Ghost Developer, Content Creator

0 Response to "Sosialisasi desa.id di Magetan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel