Memperkecil Ukuran Foto Mudah Dengan RIOT

Blog Bianbiun - Ketika kita menggunakan kamera dengan resolusi besar semisal kamera DSLR akan menghasilkan foto dengan ukuran file yang besar juga. Setiap melakukan foto kemudian kita simpan di dalam laptop atau komputer kita. Namun lama-lama kapasitas hardisk kita juga akan habis kalau kita terus-terusan menyimpan file foto dengan ukuran besar tersebut. Salah satu cara untuk menghemat hardisk kita adalah menyimpan foto tadi ke internet atau memperkecil ukuran foto tersebut. Cara memperkecil foto pun juga mudah kok. Dan banyak sekali aplikasi yang bisa kita manfaatkan. Salah satunya adalah RIOT (Radical Image Optimization Tool).

RIOT memiliki kelebihan diantaranya mendukung file jpg,png dan gif, melakukan komres yang baik, mampu membandingkan langsung foto asli dengan foto kompresi, ukuran aplikasi kecil dan yang yang jelas aplikasi ini gratis. RIOT mampu memperkecil ukuran foto tanpa berpengaruh banyak terhadap kualitas foto itu sendiri.

Caranya pun mudah untuk memperkecil foto menggunakan aplikasi ini. Pilih open dan pilih salah satu foto, kemudian atur quality (semakin kecil quality maka ukuran foto semakin kecil, namun kualitas foto semakin jelek dan sebaliknya). Kalau sudah klik save.
Cara seperti diatas bisa digunakan jika foto yang di kompres jumlahnya sedikit. Tapi kalau jumlah foto yang ingin kita perkecil ukuran ratusan kita bisa menggunakan fasilitas Batch. Klik batch kemudian klik add images, seleksi semua foto yang ingin diperkecil kemudian klik open. Di output folder bisa kita tentukan lokasi penyimpanan file yang di kompres nanti. Kalau sudah klik start tunggu sampai semua status menjadi ok di samping file foto.
Minister Ndru Blogger, Young Teacher, Volunteer, Ghost Developer, Content Creator

1 Response to "Memperkecil Ukuran Foto Mudah Dengan RIOT"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel