Cara Setting Custom Domain Blogspot di Dafiji

Postingan ini sengaja aku buat untuk membantu kawanku (sebut saja ranger merah) di Karawang yang masih bingung  bagaimana cara setting custom domain blogspot di dafiji. Kebetulan kawan aku punya blog pribadi di blogger. Jangan ditanya dia emang senang menulis seperti kakak angkatnya (mulyono). Semoga mimpinya yang ingin menjadi seorang penulis suatu hari nanti akan terwujud. Coba aja baca tulisannya di fredysetiawan dot com. Singkat cerita si ranger merah ini diminta i tolong temannya untuk membelikan domain (mungkin temanya juga tertarik dengan blog si ranger merah yg udah custom domain ini) untuk blog pribadinya. Ranger merah dengan sigap pun langsung order domain di dafiji. Ranger merah masih bingung cara untuk setting custom domainnya, akirnya meminta bantuan bianbiun untuk membantu. Sebenarnya bisa saja sih langsung aku yang setting, namun biar si ranger merah juga bisa maka jadilah tulisan ini. Cekidot bro

Pertama login dulu di email, cari kiriman yang dari dafiji pada saat proses pembelian domain. Dibagian "Mengelola Nama Domain Anda" klik tulisan Control Panel yang akan mengarahkan kita kehalaman login control panel domain kita. Masukkan email dan password pada saat mendaftar. Klik login dan kita akan masuk di halaman dashboard control panel domain kita.
Lihat kebawah cari Option "Manajemen DSN" seperti gambar dibawah ini :

Akan ada pemberitahuan untuk memperbaiki nama server dahulu, langsung klik aja " Perbaiki Nama Server secara Otomatis". Kalau sudah klik "Atur DNS". Kita akan dibawa ke halaman admin area. Lihat gambar dibawah :

Perlu di ketahui terlebih dahulu, bahwa yang perlu kita setting adalah di bagian A Record dan CNAME Records saja. Oke langsung langsung yang pertama kita setting di bagian A Records. Klik Add A Record. Yang perlu di isi adalah dibagian "Destination IPV4 Address" saja. Masukkan ip 216.239.32.21 kemudian klik tombol "Add Record" dibawah.
 
Dengan cara yang sama seperti tadi masukkan ip berikut ini :
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
Jadi sekarang seperti ini :
Oke sekarang setting di A Records sudah beres. Sekarang klik CNAME Records. Kemudian klik Add CNAME Record.
Di option Host Name isi dengan www. Di option Value klik yang bawah kemudian isikan ghs.google.com klik add record untuk menyimpan.
Jadinya akan tampak seperti gambar dibawah ini. Klik Add CNAME Record lagi.
Untuk setting CNAME record yang satu ini kita harus login dahulu di dashboard blog kita (di blogger). Silahkan login dahulu di blogger.com.


Setelah masuk di dashboard blog klik Setelan - Dasar. Di bagian Alamat blog klik "Sisipkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda".
 Tuliskan domainnya misal www.goyangkarawang.com setelah itu klik simpan.
Perhatikan gambar dibawah, yang aku lingkari itulah yang nanti kita masukkan di CNAME Record tadi. Ingat jangan di klik simpan dahulu. Kita masukkan kode yang kita dapatkan.
Yang paling dilingkari paling kiri dimasukkan di kolom Host Name dan yang dilingkari disebelah kanan dimasukkan di kolom value. Kemudian klik tombol Add record untuk menyimpan.
Ok settingan di Manage Recrods sudah selesai. Sekarang baru kita klik tombol Simpan di dashoard blog kita tadi. Tunggu kurang lebih 1 x 24 jam. 

Kira-kira seperti itu caranya untuk setting custom domain di blogger, jika masih mengalami kendala bisa kontak lewat zello aja ya :-). Semoga berhasil, aku tunggu laporannya.
 
Minister Ndru Blogger, Young Teacher, Volunteer, Ghost Developer, Content Creator

1 Response to "Cara Setting Custom Domain Blogspot di Dafiji"

  1. nah, ini dia posting yang lagi saya cari-cari. mantep tenan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel