Cara Membuat Laporan SPT Tahunan Online di e-Filing

Dijaman yang serba digital sekarang ini, mau tidak mau kita sebagai masyarakat juga mesti belajar. Apalagi bagi anda yang bekerja sebagai pegawai di instansi pemerintahan. Beragamnya aplikasi administrasi untuk pegawai yang dibuat oleh kementerian atau pemerintah daerah. Sebut saja e-PUPNS, e-Formasi dan masih banyak lagi. Ya..semua serba online dan mau tidak mau anda sebagai pegawai pemerintahan harus belajar supaya bisa melakukannya sendiri (tidak mengandalkan operator ditempat kerja). Dan kali ini saya pingin share pengalaman membuat SPT Tahunan yang juga online di e-filing. Aplikasi web based ini diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Dan jangan sampai lupa dan ketinggalan, karena batas waktu pelaporan SPT tahun pajak 2015 adalah tanggal 31 Maret 2016 untuk orang pribadi dan 30 April 2016 untuk badan.

Disini saya menganggap anda sudah melakukan aktivasi dengan menggunakan EFIN ((Electronic Filing Identification Number). EFIN sendiri adalah nomor identitas yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pajak kepada wajib pajak yang digunakan untuk melakukan transaksi elektronik di antaranya adalah e-Filing. Kalau belum silahkan download formulir EFIN dan setor ke KPP. Dan yang wajib diketahui adalah anda harus menyertakan alamat email di formulir tersebut. Tentunya email yang masih aktif. Karena link aktivasi dan kode untuk mengirim SPT dikirim melalui email tersebut.


Buka website di djponline.pajak.go.id, masukkan NPWP dan Password anda. Klik login. Perhatikan di atas terdapat empat menu, DJP Online, E Filing, E-Billing dan E-Tracking. Pilih E-Filing.Kemudian klik buat SPT. Kemudian pilihlah jawaban dari pertanyaan yang diberikan. Setelah itu baru anda memasukkan data seperti Pajak pneghasilan, Penghasilan yang dikenakan PPh Final dan yang dikecualikan dari Objek Pajak dan Daftar Harta dan Kewajiban. Setelah semua terisi pilih kirim laporan SPT. Untuk mengirim ini dibutuhkan kode. Kode akan dikirimkan ke email kita. Buka email dan copas kode yang dikirim dan masukan kembali ke form isian tadi. 

Di samping kiri terdapat petunjuk dalam pengisian jika anda mengalami kebingungan. Sekian dan semoga tulisan saya cara membuat laporan SPT tahunan online di e-Filing bermanfaat.
Minister Ndru Blogger, Young Teacher, Volunteer, Ghost Developer, Content Creator

0 Response to "Cara Membuat Laporan SPT Tahunan Online di e-Filing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel