Cara Mengatur Link Page di Blogger

Kali ini saya akan menuliskan tutorial untuk mengatur link page di website sekolah teman-teman guru Sekolah Dasar di Kecamatan Poncol (Request Pak Wiyono). Sebelumnya saya asumsikan teman-teman sudah membuat dan mengisi page-nya dan juga sudah mengatur di edit HTML. Untuk page ini silahkan dibuat sesuai dengan kebutuhan sekolah masing-masing, karena tentunya setiap sekolah berbeda seperti pada sarana dan prasarana maupun di ekstrakurikulernya. Baik langsung saja action, siapkan kopi dan jajan lebaran yang masih tersisa.
 


Saya ingatkan lagi ini adalah prasyarat yang sudah dilakukan sebelum mengatur link page ini :
1. Membuat dan Mengisi Page 


2. Mengatur di Edit HTML


Baik langsung saja, silahkan buka page yang sudah dibuat. Arahkan kursor ke salah satu page, karena kali ini saya ingin mengatur page kepala sekolah maka kursor saya arahkan ke page kepala sekolah. Maka akan muncul tulisan " Edit, Lihat, Hapus" dibawah tulisan kepala sekolah. Saya klik Lihat, maka akan membuka halaman kepala sekolah di tab browser baru.



Perhatikan gambar dibawah ini. Copy URL page yang baru saja terbuka tadi (yang diberi tanda kotak warna merah).


Baik selanjutkan silahkan buka menu Tema dan Klik Edit HTML. Disitu akan tampil banyak kode-kode HTML, untuk langsung menuju kode yang ingin kita rubah ada sedikit tips yang bisa digunakan. Setelah tampil kode html, silahkan klik kursor kedalam kode HTML tadi, kemudian pada keyboar laptop atau komputer tekan secara bersamaan kombinasi tombol CTRL dan F. Makan dipojok kanan atas akan muncul kolom pencarian / search seperti pada gambar dibawah ini.


Tuliskan kata kunci atau kata yang ingin kita tuju, saya tuliskan "tentang" kemudian tekan enter pada keyboard, maka kita akan lagsung dibawa ke kode html yanga ada tulisan "tentang". Setelah ketemu kode yang dinginkan sekarang kita paste URL yang tadi kita copy di kode kepala sekolah. Perhatikan gambar dibawah ini:


Hapus tanda # kemudian paste URL disitu. Klik Simpan Tema dan kita lihat apakah sudah benar atau belum. Buka website kemudian arahkan kursor ke menu tentang dan klik sub menu kepala sekolah, jika diklik langsung menuju halaman kepala sekolah maka sudah berhasil. Lakukan hal yang sama untuk semua page/halaman yang ingin anda masukkan kedalam website.

Kemudian tadi juga ada yang bertanya tentang kode hmtl untuk membuat sub menu. Perhatikan gambar dibawah ini. Disini ada menu Ekstrakurikuler dengan sub menu Pramuka, Drumband, BTQ, Seni Tari dan Seni Suara. Yang masih bingung bisa copy paste kode yang ada di situ yang sudah ada sub menu nya atau bisa juga meniru kode hmtl dibawah ini.

Demikian sedikit tutorial yang semoga bisa membantu teman-teman untuk meng-edit website sekolahnya, khususon untuk Pak Wiyono yang request tutorial ini. Have Fun Sir !!

Minister Ndru Blogger, Young Teacher, Volunteer, Ghost Developer, Content Creator

0 Response to "Cara Mengatur Link Page di Blogger"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel