Galau di PPDB SMA ?!

Apakah kamu termasuk dari golongan para siswa SMP yang sedang galau mikirin Penerimaan Peserta Didik Baru tahun 2023 sekarang ? Kalau iya, tenang, kamu tidak sendirian kok. Banyak dari teman kalian yang juga sedang resah gelisah selama proses PPDB ini. Selain ada yang galau tentunya ada kubu yang santai biasa saja. Yang galau ini tentunya siswa yang menginginkan masuk di sekolah yang diinginkan tapi jarak dari rumah terlalu jauh, sedangkan di tahap 1 dan 2 juga belum berhasil lolos, dan tinggal 1 tahap lagi yaitu jalur zonasi, ya jalur PPDB yang satu ini membuat yang rumahnya jauh jadi galau, dan yang rumahnya dekat dengan sekolah yang diinginkan jadi happy aja tentunya. Gimana ga happy, sekalipun belum memiliki prestasi atau nilai yang tinggi mereka yang rumahnya dekat dengan sekolah sudah bisa dipastikan lolos di tahap zonasi ini. 

Baik...kita lanjutkan kegalauan berikutnya, selain urusan KK ada lagi yang membuat para pendaftar PPDB ini galau. Saya kasih ilustrasi seperti ini : 

  • Si Y rumahnya dekat dengan Sekolah A
  • Si Y ini sangat ingin sekali masuk ke sekolah A
  • Pada saat tahap 2 (Jalur Prestasi Nilai Akademik) dia mencoba untuk mendaftar, karena merasa nilainya lumayan cukup tinggi untuk lolos
  • Pada saat mendaftar di tahap 2 ada 3 pilihan sekolah
  • Si Y pada pilihan pertama memilih Sekolah A, pilihan kedua di Sekolah B dan pilihan kedua di Sekolah C
  • Artinya Si Y ini memilih 3 opsi sekolah ini
  • Pada tahap 2 ini para pendaftar PPDB bisa langsung melihat hasil pemeringkatan di tiap sekolah yang telah dirangking secara otomatis mulai dari nilai tertinggi sampai nilai terendag yang diterima
  • Nah, Si Y ini ternyata nilainya tidak lolos untuk masuk di sekolah A yang sangat dia inginkan ini
  • Dan ternyata Si Y diterima di pilihan kedua yaitu di Sekolah B, karena nilainya masuk di Sekolah B ini
  • Karena sistem langsung melempar ke pilihan berikutnya jika pilihan pertama sudah kalah nilai, dan seterusnya
  • Nah, betapa kagetnya lagi Si Y, karena dia sudah tidak bisa lagi mendaftar di Tahap 3 (zonasi). Ya, karena begitu siswa dinyatakan diterima di suatu sekolah, maka pin siswa tersebut akan otomatis terkunci dan tidak bisa digunakan lagi untuk mendaftar di tahap berikutnya
  • Padahal jika Si Y ini mendaftar di tahap 3 bisa dipastikan lolos karena memang jarak rumah dengan Sekolah A tadi sangat dekat. Tapi karena ketidaktahuannya tadi akhirnya menjadi galau, karena sistem juga tidak ada fasilitas untuk cabut berkas.
Nah itu tadi ilustrasi dari para pendaftar yang juga merasakan kegalauan. Jadi selain harus membaca semua informasi tentang PPDB di websitenya, ada baiknya sebelum mendaftar dipikir lebih matang lagi, para pendaftar juga harus mempunyai strategi dengan melihat potensi yang dimiliki. Dan yang perlu diperhatikan ya, jika kamu ingin mencoba di tahap 2 dan jika gagal di tahap 2 kamu masih bisa mencoba di tahap berikutnya, pada saat memilih pilihan sekolah, yang kamu pilih hanya 1 sekolah saja, yang pilihan kedua dan ketiga pilih tidak memilih, sehingga ketika tidak lolos maka kamu masih bisa mencoba ditahap berikutnya.

Oke, saya ucapkan selamat bagi kalian yang sudah diterima di sekolah yang diinginkan, dan bagi kalian yang belum diterima ditahap 1 dan 2 masih ada jalur zonasi yang akan dilaksanakan besok tanggal 1 - 2 Juli 2023. Jangan hanya terpaku di satu sekolah saja, mau sekolah dimana saja yang terpenting adalah diri kalian sendiri kok. Good luck gaes.

Minister Ndru Blogger, Young Teacher, Volunteer, Ghost Developer, Content Creator

0 Response to "Galau di PPDB SMA ?!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel