Caping Magetan

Caping Magetan - Hmm..siapa  hayo yang belum tahu caping ? Bagi orang-orang pedesaan khususnya para petani, hasil dari kerajinan bambu yang satu tentunya sangat bermanfaat untuk melindungi kepala dari sengatan matahari ketika mereka sedang bekerja di kebun atau sawah. Yah caping ini fungsinya mirip seperti topi, namun caping ini bukan terbuat dari kain tapi dari anyaman bambu. Hmm..jadi bertanya-tanya gimana ya asal usul caping ini ?
Kemarin setelah kopdar di candi sadon magetan, tempat selanjutnya adalah di jalan sawo (pusat kerajinan kulit magetan) nah disitu banyak banget yang jualan sepatu/sandal/jaket kulit asli magetan. Berikutnya di Desan Ringin Agung, nah disinilah pusat kerajinan bambu. Kalau kita melewati jalan di desa ini, didepan rumah banyak terdapat caping yang sedang di jemur. Wah mumpung disini pingin lihat proses pembuatanya neh..disana nampak ibu-ibu dan para bapak sedang menganyam caping ini. Hmm..disana sini yang terlihat adalah anyaman bambu dan tumpukan caping yang sudah jadi.

Menurutk para pembuat caping ini, caping ini adalah asli dari magetan. Memang banyak caping yang ada di indonesia ini, namun kata mereka ada yang membedakan antara caping magetan dengan caping yang lainnya bila ditinjau dari kawatan kuwung, jebabah, nitikan, jeperen, dan sebagainya

2 Responses to "Caping Magetan"

  1. Apa perbedaan antara caping magetan dengan kota lainya ya? yang ku dengar modelnya namanya kuwung gitu asli magetan?!..

    ReplyDelete
  2. cintai produk lokal gan, terutama dari kabupaten tercinta, Kabupaten Magetan, hehe. . .

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel