Membuat Aplikasi Android Where Tambal Ban dengan App Inventor

Masih penasaran dengan App Inventor karena juga masih baru mengenal visual programming tool ini, akhirnya kemarin iseng membuat aplikasi android yang saya kasih nama Where Tambal Ban. Ya..kalau dari judulnya pasti anda bisa menebak aplikasi ini tentang apa bukan ? Iyes bener...aplikasi Where Tambal Ban ini tentang lokasi tambal ban yang ada di kabupaten magetan. Penasaran cara membuatnya..cekidot gan :-)

Sebenarnya simple kok aplikasi ini. Cuma mennggunakan google map untuk menentukan lokasi tambal ban yang sudah kita masukkan di list. Di screen pertama saya buat untuk splash screen aplikasi yang menampilkan logo dan kemudian otomatis menuju menuju menu utama aplikasi.

Splash Screen
Untuk mengatur splash screen ini saya gunakan fitur clock yang ada di pallete sensors. Kemudian kita atur di propertisnya yaitu enable option TimerEnabled dan mengatur Time Interval nya. Untuk time interval saya isi 1500. Dan untuk block nya bisa dilihat dibawah ini :

Block untuk splash screen aplikasi
Kemudian buat screen baru lagi, dan beri nama "utama". Desain dahulu untuk tampilan di menu utama ini, masukkan semua komponen yang dibutuhkan seperti 16 button (16 kecamatan), horizontal arrangement, notifier dan activity starter. Lihat gambar dibawah :

Desain menu utama aplikasi
Kemudian di block nya untuk setiap tombol diberi perintah untuk menuju open another screen name (di isi sesuai screen tujuannya). Buat screen lagi sejumlah banyaknya kecamatan tadi. 

Desain dahulu setiap screen yang dibuat tadi. Misalnya di screen magetan saya desain seperti diwabah ini. Klik tombol "Klik disini" untuk mencari lokasi tambal ban yang ada di kecamatan magetan. Dan nanti akan muncul list tambal ban yang ada di magetan yang sudah kita masukkan di blocks nya. Dan jika tempat tersebut di pilih, maka akan membuka google map yang langsung menuju lokasi tambal ban tadi.


Dan untuk block setiap screenya seperti gambar di bawah ini :


Kalau sudah tinggal di build dan pilih save .apk to my computer dan aplikasi bisa di instal di smartphone kita untuk mencobanya. Atau cara lain untuk mencoba tanpa harus menginstal terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan AI Companion, pastikan di smartphone sudah terinstal juga aplikasi MIT AI2 Companion dan syarat yang wajib adalah ip adrees smartphone dan komputer yang digunakan untuk membuat aplikasi sama (dijaringan yang sama).

Oke sekian dulu tulisan saya tentang cara membuat aplikasi android where tambal ban dengan menggunakan app inventor. Semoga bermanfaat :-)

Minister Ndru Blogger, Young Teacher, Volunteer, Ghost Developer, Content Creator

4 Responses to "Membuat Aplikasi Android Where Tambal Ban dengan App Inventor"

  1. gans aku sudah ikuti cara di atas tapi tidak berhasil boleh mintak mentahannya email: yadijambul420@gmail.com

    ReplyDelete
  2. boleh saya minta aplikasinta dalam format aia ? untuk dikembangkan lagi di appinventor

    ReplyDelete
  3. boleh saya minta file .aia nya ?

    ReplyDelete
  4. boleh saya minta file .aia nya master ?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel