Cara Membuat Splash Screen Aplikasi Android menggunakan App Inventor

Splash Screen adalah tampilan yang pertama kali muncul pada sebuah aplikasi. Biasanya cuma sebentar entah itu sekedar tulisan atau gambar dan suara kemudia secara otomatis menuju ke menu utama aplikasi tersebut. Kali ini saya akan menulis cara membuat splash screen di app inventor. Mudah kok. Yuk.


Splash Screen kita buat di screen pertama. Komponen yang saya gunakan hanya 2 buah Horizontal Arrangement dan dan image. Kemudian yang non visible component saya menggunakan notifie (di user interface) dan clock (di pallete sensor).

Atur di viewer sesuai dengan apa yang kita inginkan untuk desain layout splash screen nya. Kemudian di komponent klik clock dan atur di propertiesnya yaitu aktifkan time enable dan isi time interval nya, disini saya isi 1500. Time intervar ini untuk mengatur berapa lama splash screen ini tampil. Kalau sudah lanjut ke blocks nya.

Klik clock1, kiemudian pilih blocks when clock1.timer - do. Cari juga set clock1.timerenabled to. Pilih logic dan pilih block false dan masukkan pada puzzle diatas tadi. Kemudian setelah diatur waktunya otomatis dibuat menuju screen utama. Klik control dan pilih open another screem screen name. Pilih teks dan pilih block yang kosong kemudia isi dengan nama screnn tujuan, misal "utama". 

Sedangkan notifier digunakan untuk menampilkan pesan atau tulisan secara otomatis pada splash screen. Oke..semoga tulisan saya bisa membantu anda yang sedang mencari tulisan tentang bagaimana membuat splash screen di aplikasi android dengan menggunakan app inventor.

Minister Ndru Blogger, Young Teacher, Volunteer, Ghost Developer, Content Creator

1 Response to "Cara Membuat Splash Screen Aplikasi Android menggunakan App Inventor"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel