Pembelajaran Membuat Aplikasi Android untuk Siswa SMA dengan App Inventor

Di jaman seperti sekarang ini coba siswa mana yang belum tau dengan istilah "android" ? Ya..hampir semua siswa kenal dengan salah satu sistem operasi mobile yang sedang ngehit ini. Dan bisa dipastikan hampir semua smartphone milik siswa adalah smartphone android. Kemudahan untuk mendownload aplikasi di play store yang tersedia secara gratis dan bermacam-macam semakin memanjakan para pengguna android ini. Mereka bisa sampai berjam-jam bermain dengan smartphone di tangan, entah chat, browing, melihat youtube atau lainya. "Kecanduan" ? ya bisa dibilang begitu. 

Melihat para siswa yang selalu asyik dengan samrtphone androidnya membuat saya berpikir untuk mengajak mereka belajar membuat aplikasi android sendiri. Untuk anak SMK khususnya yang jurusan komputer tentunya diajari tentang android, namun untuk anak SMA pelajaran seperti ini tidak akan mungkin didapatkan kecuali ada guru yang mengajarkan melalui ekstra atau komunitas di sekolah. Dan akhirnya saya memutuskan mengajarkan mereka membuat aplikasi android dengan menggunakan app inventor dengan berbagai alasan, salah satunya menurut saya adalah menyenangkan dengan adanya visual block programming nya. 


Setelah beberapa kali saya ajarkan (teori langsung praktek) di lab sekolah, saya membagi siswa saya menjadi beberapa kelompok kecil. Setiap kelompok saya suruh berdiskusi untuk membuat sebulah aplikasi android. Tujuan dibentuknya kelompok supaya mereka bisa bagi pekerjaan, ada yang desain tampilan (membuat ikon, menyiapkan suara, data, gambar dan materi), ada yang membuat layout di app inventor dan ada yang visual block programmingnya.

Dan setelah jadi mereka mempresentasikan hasil pembuatan aplikasi android mereka di depan teman-teman kelas mereka. Aplikasi android yang mereka buatpun bervariasi. Dan semoga dengan pembelajaran membuat aplikasi android ini menjadi pemantik bagi mereka untuk menjadi developer android hebat suatu hari nanti.
Minister Ndru Blogger, Young Teacher, Volunteer, Ghost Developer, Content Creator

0 Response to "Pembelajaran Membuat Aplikasi Android untuk Siswa SMA dengan App Inventor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel